Jembatan Bacem : Fim Dokumenter Tentang Peristiwa 1965 (2)

Video
0

Orang Solo dan sekitarnya menyebutnya Kreteg Bacem (Jembatan Bacem), terletak di selatan Kota Solo, Jawa Tengah, di bawahnya mengalir anak sungai Bengawan Solo. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa pada peristiwa 1965/1966 jembatan ini menjadi tempat pembunuhan dan pembuangan mayat orang-orang PKI atau yang dianggap PKI, namun mereka diam dan tak pernah memperbincangkannya, karena ketakutan.

Setelah lebih dari 40 tahun keluarga korban hidup dalam diam, akhirnya dalam suatu dalam kesempatan peringatan tragedi 65/66 para keluarga korban mengadakan “Sadranan”, sebuah kegiatan kultural adat Jawa, di mana pada kesempatan itu keluarga korban dapat mengenang sanak keluarga yang menjadi korban, yang menurut kesaksian dibuang di sungai Bacem. Harapan keluarga korbanKreteg Bacem sebagai monumen ingatan bersama dan sebagai tempat untuk menghormati keluarga yang sampai saat ini tak kembali.

Film Produksi ELSAM bersama Pakorba Solo, karya Yayan Wiludiharto ini bercerita peristiwa kelam bangsa ini, khususnya tentang orang-orang yang dibunuh dan dihilangkan di Kreteg Bacem.

Comments

Leave a Reply

Required Fields *
Your email will not be published.