happy wheels

Siaran Pers: Penutupan Dengar Kesaksian

0

Rangkaian kegiatan Dengar Kesaksian dengan Tema “Bicara Kebenaran, Memutus Lingkar Kekerasan” yang diselenggarakan sejak tanggal 25 November 2013 di Gedung Teater Perpustakaan Nasional, berakhir pada hari ini.

Kegiatan ini telah memperdengarkan sekitar 32 kesaksian yang bercerita tentang kekerasan sistematis yang mereka alami secara langsung, maupun yang dialami oleh keluarga dan kerabat mereka. Konteks kekerasan tersebut antara lain kekerasan terhadap perempuan, kekerasan dalam operasi militer, kekerasan dalam perbedaan ideologi dan kebebasan beragama dan berkeyakinan, kekerasan berbasis sumber daya alam dan kekerasan terhadap pembela HAM.

Pada akhir kegiatan, Majelis Warga, membacakan 9 (sembilan) butir rekomendasi yang dituliskan berdasarkan kesaksian para korban selama kegiatan Dengar Kesaksian berlangsung adalah “Terciptanya Indonesia yang bebas dari kekerasan”, dengan memperhatikan hal-hal :

1. Agama dan keyakinan itu harus bebas dan harus dihormati. Adanya ketentuan Pemerintah yang menyatakan tentang 6 agama resmi, membuka ruang kekerasan terhadap agama lainnya. Oleh karenanya mereka merekomendasikan pencabutan peraturan yang diskriminatif, penghapusan kolom agam dalam KTP, dan melakukan rehabilitasi dan pemulihan kepada para korban;
2. Implementasikan Pasal 33 UUD ’45 untuk rakyat.
3. Rakyat punya hak hidup di negeri ini, tanah untuk rakyat harus dipikirkan, tanah tempat tinggal mereka tidak bisa begitu saja dihalau untuk pembaguhnan;
4. Adanya penguatan solidaritas;
5. Menciptakan generasi baru yang cinta damai;
6. Reformasi yang menyeluruh terhadap intitusi keamanan
7. Ada perlindungan bagi rakyat pencari keadilan dan pembela HAM
8. Presiden harus rmelakukan rehabilitasi kepada korban kekerasan dan juga mermimta maaf

Selain rekomendasi yang disampaikan oleh para korban, Majelis Warga juga memberikan refleksinya terhadap keseluruhan proses yang telah berlangsung sejak hari pertama.” Melalui cerita-cerita yang telah disampaikan oleh para korban, ada kekuatan yang sangat menyentuh dan membanggakan, karena para korban pada umum berani membicarakan kebenaran.

Patut disyukuri bahwa para korban bersama para keluarga dan kerabatnya masih terus berupaya mencari keadilan dan kebenaran dalam perjuangannya hingga saat ini. Forum Dengar Kesaksian ini diharapkan bisa menjadikan pelajaran dan pembelajaran bagi masyarakat. Selain itu pula, bisa dijadikan sebagai upaya pendidikan bagi publik bahwa ada sejarah kelam dari negeri ini yang selam ini ditutup dan dibungkam kebenarannya.

Saat ini kita sudah mulai menunjukkan suatu keberanian dalam dengar kesaksian dengan menceritakan hal yang sesungguhnya terjadi pada negeri ini. Untuk itu bagi para pengajar pendidikan untuk memberikan suatu pelajaran sejarah yang sesungguhnya dan memperbaiki sejarah itu dengan memperbaiki kurikulum yang ada.

Rencananya keseluruhan hasil yang diperoleh dari kegiatan Dengar Kesaksian ini akan disampaikan ke Ketua MPR RI pada hari Senin, 2 Desember 2013, pukul 13,00 WIB, oleh perwakilan dari Majelis Warga.

Dengar Kesaksian adalah salah satu bagian dalam keseluruhan kegiatan dalam rangkaian Tahun Kebenaran yang difasilitasi oleh Koalisi Keadilan dan Pengungkapan Kebenaran (KKPK). Pada bulan Maret 2014 mendatang, Koalisi ini akan meluncurkan buku laporan 40 tahun kekerasan di Indonesia. Dukung kegiatan Koalisi Keadilan dan Pengungkapan Kebenaran (KKPK) melalui website www.kkpk.org atau follow twit KKPK @koalisi_kkpk, @bicarabenar atau youtube Koalisi Keadilan dan Pengungkapan Kebenaran.

Jakarta, 29 November 2013
Koalisi Keadilan dan Pengungkapan Kebenaran (KKPK)
Contact Person : Dodi Yuniar – 0818 267 531 / Putri Kanesia – 0815 162 3293

Comments

Leave a Reply

Required Fields *
Your email will not be published.