happy wheels

Migelina A. Marcus Eks Tapol 65

0

Migelina A. Marcus, atau disapa Oma Net, lahir tahun 1935 di desa Pisan, TTS, NTT. Peristiwa tahun 1965 membawa banyak kekerasan dan kerugian bagi Ia dan keluarganya.

Ia mempunyai 2 kakak dan 6 adik. Ia aktif bekerja di RRI hingga tahun 1964 dan berhenti sementara karena mengurus anak. Pada waktu terjadi peristiwa 1965 ayah, ibu dan sebagian saudaranya ditahan. Bahkan ayah dan adiknya hilang hingga kini. Adik perempuannya diambil dari kampus lalu dibawa dan ditahan di Bali selama tiga tahun.

Waktu Oma Net melahirkan anak keempat, Ibunya ditahan di Kodim, hingga Ia meminta agar Ibunya dibebaskan diganti dengan dirinya. Akhirnya Ibunya dibebaskan dengan syarat wajib lapor.

Paska peristiwa 1965, ia kesulitan dan harus berjuang menghidupi keluarga dan menyekolahkan anaknya. Meski kadang keluarga dan saudaranya memusuhi jika ia mengungkapkan kebenaran, dirinya tetap tidak gentar untuk bersuara.

“Supaya mereka tidak membuat sejarah yang palsu untuk kita, maka saya perlu luruskan hal itu dengan berbagi cerita… Tugas saya bersaksi kepada mereka supaya sejarah pahit tidak terulang lagi”

Comments

Leave a Reply

Required Fields *
Your email will not be published.