happy wheels

Reparasi bagi Korban Pelanggaran HAM yang Berat

Posted on in Cetak, Publikasi
0

Reparasi bagi Korban Pelanggaran HAM yang Berat

Reparasi merupakan mekanisme yang dijalankan oleh Negara sebagai bagian dari upaya pengakuan Negara atas kehilangan dan penderitaan yang dialami oleh para korban pelanggaran HAM. Reparasi bertujuan untuk membantu memulihkan kondisi dan martabat korban yang hancur akibat kekerasan yang mereka alami. Program reparasi dapat bersifat material maupun simbolis. Bentuk material diantaranya adalah pelayanan kesehatan dan psikologis, kompensasi, atau pemberian pensiun. Sedangkan bentuk simbolis dapat berupa permintaan maaf Negara yang dilakukan secara resmi.

Hingga saat ini, korban Pelanggaran HAM yang berat di Indonesia masih belum mendapat reparasi yang memadai. Program reparasi yang pernah dijalankan oleh negara tidak berjalan efektif, gagal memberikan pengakuan secara resmi terhadap korban atas pelanggaran yang menimpa mereka di masa lalu, dan tidak didukung oleh institusi negara yang memegang mandat untuk melaksanakannya.

Oleh karena itu, paper tentang reparasi ini merekomendasikan agar pemerintah Indonesia segera menjalankan reparasi secara komprehensif, melingkupi tindakan mendesak maupun jangka panjang. Pemerintah juga harus memulai program reparasi dengan pengakuan resmi dan menyatakan permintaan maaf kepada korban.

 

thumbnail-reparasi-Indonesia
File PDF, silahkan lihat di tautan berikut ini:
Policy Paper Reparasi Indonesia IKOHI-ICTJ (PDF File)

Comments

Leave a Reply

Required Fields *
Your email will not be published.