happy wheels

Mendengar Kesaksian Korban, Mengurai Akar-Masalah

0

Pada tanggal 25-29 November 2013, bertempat di Gedung Teater Perpustakaan Nasional, Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat, KKPK akan menggelar serangkaian dengar kesaksian lainnya untuk memahami pola kekerasan yang telah terbentuk selama ini. Dari proses pengungkapan kebenaran yang telah berjalan sampai dengan sekarang, KKPK mengidentifikasi lima akar masalah yang harus diperdalam untuk menemukan terobosan dalam memutus lingkar kekerasan. Kelima akar masalah yang kemudian dijadikan sebagai tema dalam rangkaian dengar kesaksian adalah:

• Apakah pola kekerasan yang dialami oleh perempuan? Apakah sistim, struktur dan pola hubungan yang terlembagakan sehingga impunitas untuk kekerasan terhadap perempuan terpelihara sampai dengan sekarang?
• Apakah benih konflik antar agama tertanam jauh dalam budaya kita? Atau apakah kepentingan politik telah membentuk dan mengintervensi toleransi antar warga? Bagaimana perseteruan ideologi global dan nasional memicu kekerasan dalam skala massif selama empat dasawarsa dalam bentuk yang berbeda-beda diberbagai pelosok Indonesia?
• Bagaimana perebutan sumber daya alam menjadi akar masalah maupun akibat dari konflik selama masa Orde Baru dan masa reformasi? Apakah kebijakan-kebijakan yang masih mengakibatkan konflik dan apa pengalaman korban?
• Apakah penyebab terjadinya kekerasan atas nama keamanan di berbagai wilayah konflik di Indonesia? Apakah ada pola mobilisasi milisi/paramiliter untuk menghabisi mereka yang dianggap “musuh” negara?
• Apa yang dialami oleh mereka yang berani mengangkat suara melawan kekerasan? Bagaimana kita lalai dalam memberi perlindungan terhadap pembela demokrasi dan hak asasi manusia?

KKPK akan menghadirkan ruang bagi para korban untuk bersaksi, dari pengalaman kehidupan mereka maupun tentang kekerasan yang mereka alami. Kesaksian mereka akan didengarkan oleh tokoh-tokoh nasional yang bergabung dalam sebuah Majelis Warga—sebagai perwakilan hati nurani masyarakat yang gundah menghadapi krisis kebangsaan yang sedang kita alami. Saksi-saksi ahli juga akan mendapatkan kesempatan untuk memberi masukan tentang pola, penyebab, dan pertanggungjawaban yang harus didorong untuk memutus lingkar kekerasan yang membelenggu kita. Majelis Warga akan menutup tiap sesi dengan sebuah refleksi tentang persoalan yang kita hadapi, dan rekomendasi untuk terobosan menuju kehidupan berbangsa yang bebas dari kekerasan.

Rangkaian dengar kesaksian ini juga bertujuan sebagai ruang untuk mengetahui dan memahami kaitan antara kekerasan yang ada saat ini dengan berbagai kekerasan yang terjadi di masa-masa sebelum ini, sebagai media pengakuan atas pengalaman yang dialami para korban kekerasan, dan menjadi media pendidikan kepada publik tentang pentingnya menyusun langkah-langkah untuk memutus lingkar kekerasan yang terjadi.

Oleh karena itu menjadi penting bagi KKPK agar dengar kesaksian ini dihadiri oleh masyarakat seluas-luasnya, terutama kaum muda dan kalangan pelajar sebagai generasi yang akan memiliki peran besar dalam langkah-langkah memutus lingkar kekerasan sekaligus mewujudkan masyarakat yang lebih demokratis di masa yang akan datang.

Mulai dari 25 sampai dengan 29 November 2013, rangkaian dengar kesaksian akan terdiri sebagai berikut:
25 November: Dengar kesaksian untuk tema kekerasan terhadap perempuan
26 November: Dengar kesaksian untuk tema kekerasan atas nama keamanan
27 November: Dengar Kesaksian untuk tema kekerasan atas nama ideologi dan agama
28 November: Dengar Kesaksian untuk tema kekerasan berbasis sumber daya alam
29 November: Dengar kesaksian untuk tema kekerasan terhadap para pembela HAM

Comments

Leave a Reply

Required Fields *
Your email will not be published.